Kamis, 17 Juni 2010

Road to Cilacap


Orang Cilacap pasti sudah hapal dengan menara Masjid Darussalam ini. Kupotret pas senja jelang magrib akhir April lalu.

Cilacap kota pantai yang punya jalan lebar-lebar dengan kendaraan yang tidak terlalu banyak. Banyak yang jualan es dan buah sampai malam. Apalagi kalau di alun-alun, selalu ramai kalau tidak hujan.

Temenku ngasih info kalau mau ke Cilacap:


Naik Kereta. Ada kereta dari Gambir ke Cilacap langsung, tiap hari. Berangkatnya pagi-pagi sekali sebelum jam 6. Kelas eksekutif kemarin harganya 130rb.

Naik Bis. Ada bis Rosalia Indah yang sempet kuliat di Cilacap–entah darimana datangnya. Bis ini tampilannya lebih bagus daripada bis Sinar Jaya yang berangkat dari Kampung Rambutan. Di Kampung Rambutan, bis Sinar Jaya jurusan Cilacap berangkat sebelum magrib–atau sebelum itu. Tiketnya sekitar 40-60rb. Kalau ketinggalan, naik aja yang jurusan Purwokerto, lalu turun di Ajibarang. Dari Ajibarang, ada bis ke Cilacap dengan harga 8ribuan–kurang dari dua jam nyampe.

Naik Travel. Travel Cilacap-Bogor/Jakarta ambil jalur puncak, jadi sering lebih cepat daripada bis yang lewat pantura yang selalu sedang diperbaiki. Tarif-nya sama dengan tarif eksekutif kereta. Saranku sih, jangan duduk di depan, karena selain kaki sulit selonjor, juga ga bisa tidur karena ngebut-nya itu.

Kalau penginapan, di sana ada banyak losmen, hotel melati, bintang 1 sampe bintang 3. Kebanyakan adalah penginapan lama, kecuali Hotel 3 Intan yang kamar standard-nya seharga 290rb. Untuk jenis kamar sama, di Hotel Cilacap Indah semalam 150rb –dengan fasilitas bagus untuk ukuran 10 tahun lalu. Yang menarik adalah wisma di Darussalaam, yang dikelola oleh yayasan. Semalam hanya 80ribu, tanpa air hangat tapi sangat dekat dengan masjid. Wisma ini menjadikan lantai atas sebagai penginapan, sementara lantai bawahnya adalah aula untuk pertemuan/resepsi.


Sumber:
http://iipalbanjary.com/2009/05/04/road-to-cilacap/
17 Juni 2010

Sumber Gambar:
http://picturestraveller.blogspot.com/search/label/cilacap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar